Home » Soal Ujian Nasional SMP » PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012

PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012

Posted at June 30th, 2013
Product Description : PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012

PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP
BAHASA INDONESIA 2012

  1. Cermati tabel berikut !
    Tabel Hasil Angket Masyarakat terhadap Perpustakaan Keliling
    Tahun Hasil Angket dalam Persen
    Baik Buruk Tidak Tahu
    Juli 2005 68 20 12
    Desember 2005 62 22 16
    Juli 2006 72 17 11
    Desember 2006 70 16 14
    Juli 2007 71 14 15
    Desember 2007 75 15 10
    Informasi yang tepat berdasarkan tabel tersebut adalah …..
    A. Informasi tentang perpustakaan keliling yang tidak dipahami oleh masyarakat terjadi pada bulan Juli 2007.
    B. Penilaian baik terbanyak tentang perpustakaan keliling oleh masyarakat terjadi pada Desember 2007.
    C. Dibanding tahun 2005, pada tahun 2006 masyarakat lebih banyak tahu tentang perpustakaan keliling.
    D. Penilaian masyarakat terburuk tentang keberadaan perpustakaan keliling terjadi pada Juli 2006.
    Bacalah dengan saksama puisi berikut kemudian kerjakan SOAL nomor 2 dan 3 !
    Ke Blora ia akan menikmati
    Ke Blora ia akan kembali bermimpi
    Masa kanak dan cinta yang gagal
    Ia terlalu hafal
  2. Isi yang terdapat dalam puisi tersebut adalah …..
    A. Blora yang menjadi impian
    B. Blora yang tidak menjanjikan kehidupan yang baik
    C. Blora yang menjanjikan
    D. Blora yang menjanjikan kehidupan
  3. Citraan yang menonjol pada larik ke-1 kutipan puisi tersebut adalah ….
    A. penglihatan C. perasaan
    B. pendengaran D. perabaan
  4. Tadi pagi aku ngamuk. Rasanya ini amukanku yang terdahsyat sepanjang sejarah. Kesel…. banget. Sumbernya, yah, siapa lagi kalau bukan si Ijah. Itu pembantu baru yang suka bikin takjub orang serumah. Bayangkan saja, makalah kewiraan yang sudah setengah mati kubuat, seenaknya saja di buang ke tempat sampah. Dia tidak tahu betapa besarnya pengorbananku untuk membuat makalah itu. Tiga malam nyaris tidak tidur, bahkan, sinetron yang setiap Minggu malam selalu kunantikan kehadirannya, kali ini terpaksa aku cuekin. Eh, … tahu-tahu hasil kerja kerasku dilempar ke temmpat sampah. Gimana aku tidak kesal. Biar kamarku berantakan kaya kapal pecah, juga nggak apa-apa asal kertas-kertas berhargaku aman. Ijah, Ijah, kamu kira gampang bikin makalah, segampang bikin sambal terasi? ….
    Tokoh Ijah dalam kutipan cerpen tersebut diketahui dengan cara ….
    A. dialog antar tokoh
    B. diceritakan tokoh lain
    C. diceritakan pengarang
    D. pelukisan tindakan
    Bacalah kutipan drama berikut dengan saksama kemudian kerjakan SOAL nomor 5 dan 6!
    (1) Dodi : Alat bantu pernapasan itu harus segera dipasang jika napas ayah berhenti (berbisik di telinga Danar)
    (2) Danar : Jangan, jangan dulu! Kita harus tunggu Ibu! (setengah berbisik). Mengapa?
    (3) Dodi : Keadaan ayah kritis, Danar. Ibu masih di bandara. Tadi, Ibu sudah kutelepon. Ibu setuju dengan tindakan medis yang terbaik.
    (4) Danar: Aku tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu dengan ayah (berlari ke luar ruangan).
    (5) Dodi : Kita semua harus bertanggung jawab, Danar! (mengejar Danar yang keluar ruangan).
  5. Bukti watak Dodi tegas ditandai dengan nomor ….
    A. (1) dan (3) C. (2) dan (4)
    B. (1) dan (5) D. (2) dan (5)
  6. Suasana yang tergambar pada kutipan drama tersebut adalah …..
    A. menyedihkan C. mengharukan
    B. menyenangkan D. menegangkan
  7. Ytc. Gumilang
    Jalan Yos Sudarso No. 37
    Surabaya
    Salam Kangen,
    Di Banyumas, aku juga dalam keadaan segar dan sehat. Setelah dua bulan aku pindah ke Banyumas, kamu tidak pernah berlibur. Sibuk dengan tugas sekolah, ya? Aku ingin sekali bisa berbagi cerita seperti dulu.
    Kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali surat pribadi tersebut adalah ….
    A. Hai, apa kabar, Gum? Bagaimana kabar Bapak dan Ibu di sana? Aku berharap sehat-sehat selalu.
    B. Saya akan memberitahukan pada Gumilang bahwa sekolah di Banyumas berbeda dengan di Surabaya.
    C. Dengan datangnya surat ini, aku akan mengabarkan keadaanku sehat-sehat saja.
    D. Bersama surat ini, aku akan bercerita tentang sekolahku di SMP Banyumas.
  8. Cara memakai bedak dingin
    (1) Bersihkan wajah dengan air hangat
    (2) Kemudian ambil dua-tiga butir bedak dingin dan letakkan di telapak tangan.
    (3) Keringkan dengan handuk lembut.
    (4) Ratakan bedak agar tidak terkesan coreng moreng!
    (5) Lumatkan bedak dingin dengan bantuan air mawar atau air dingin!
    (6) Setelah itu, oleskan pada wajah dan leher sampai mongering!
    Urutan petunjuk berdasarkan urutan yang tepat adalah …..
    A. 1-3-2-5-6-4 C. 1-2-6-5-3-4
    B. 1-3-4-5-6-2 D. 1-2-3-4-5-6
  9. Bacalah iklan baris berikut dengan saksama!
    Jual cpt Megapro’04 istw, an Andri,8,5 jt/nego, Hub. Dida …..
    Isian yang tepat untuk melengkapi iklan baris tersebut adalah ….
    A. Jln. Kanguru 7 Jkt Brt
    B. Jalan Kanguru nomor 7
    C. Jln. Kanguru Jakarta Barat
    D. Jl. Kanguru Jakarta Barat
  10. Perhatikan pantun berikut!
    Dari rawa tertatih-tatih
    Duduk termenung di tepi telaga
    Jadi siswa rajin berlatih
    Sesudah tamat siap bekerja
    Pantun jawaban yang tepat terhadap pantun tersebut adalah…..
    A. Mau ke mana gunung dikejar
    Sudah tinggi banyak berduri
    Terima kasih nasihat belajar
    Tentu akan kutaati
    B. Beli tikar berpuluh-puluh
    Dipakai duduk berdua-dua
    Pastilah tercapai cita-cita
    Bila belajar bersungguh-sungguh
    C. Kerja keras mencari uang
    Uang didapat beribu-ribu
    Dari mana aku datang
    Tidak perlu kamu tahu
    D. Sukar sungguh menjala teri
    Dikejar menghilang terus berlari
    Belajar haruslah setiap hari
    Untuk bekalmu nanti
  11. Monpera atau Monumen Perjuangan Rakyat merupakan salah satu bangunan kenbanggaan warga Palembang. Betapa tidak? Monumen yang memajang patung burung garuda di dinding depannya ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatra Selatan, melawan penjajah pada masa revolusi fisik yang dikenal dengan Pertempuran Lima Hari Lima Malam. Di sinilah baris para pejuang menggalang kekuatan dalam pertempuran melawan penjajah belanda.
    Gagasan pokok paragraph tersebut adalah ….
    A. Pemajang patung garuda pada Mopera
    B. Bangunan kebanggaan warga Palembang
    C. Perjuangan rakyat Sumatra Selatan pada Monpera
    D. Pelanggan rakyat Palembang dalam Mompera
  12. Teks Berita 1
    Pemerintah provinsi DKI Jakarta, memulai sertifikasi kesehatan unggas secara bersamaan di berbagai lokasi. Dana sebesar Rp 3 milyar dianggarkan untuk sertifikasi itu. Proses sertifikasi unggas hias ditandai dengan pemeriksaan 11 unggas milik Gubernur DKI di rumah dinasnya.
    Teks berita 2
    Setelah burung dan unggas milik gubernur Sutiyoso, hari ini gelirann burung dan unggas para menteri di kompleks Widya Chandra akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mendapat sertifikat sehat. Petugas akan mendatangi kediaman Aburizal. Burung yang akan diperiksa adalah burung nuri kepala hitam.
    Perbedaan penyajian kedua teks tersebut adalah ….
    A. Teks berita 1: siapa – berapa – bagaimana
    Teks berita 2 : kapan – bagaimana – apa
    B. Teks berita 1 : siapa – dimana – berapa
    Teks berita 2 : kapan – di mana – siapa
    C. Teks berita 1 : apa – berapa – kapan
    Teks berita 2 : mengapa – bagaimana – siapa]
    D. Teks berita 1 : apa – kapan – berapa
    Teks berita 2 : mengapa – apa – siapa
  13. Harga kebutuhan Pokok/kg Beberapa bulan Terakhir dalam Rupiah.
    Nama
    Barang
    Bulan
    Beras Gula Minyak
    Tanah
    Kopi
    Maret
    April
    Mei
    Juni
    3.275
    3.050
    3.150
    3.300
    4.100
    4.175
    4.300
    4.150
    6.100
    5.900
    6.175
    6.225
    5.750
    5.750
    5.950
    5.800
    Pernyataan yang jawabannya terdapat dalam tabel tersebut adalah ….
    A. Mengapa akhir – akhir ini harga beras naik turun?
    B. Bagaimana harga kopi mencapai Rp 6.000,00/kg?
    C. Berapa harga minyak tanah pada bulan Juni?
    D. Dari mana daftar dalam tabel tersebut bisa didapat?
  14. Simpulan grafik batang di bawah ini adalah ….
    A. Jumlah radio dan televisi di desa Umbul Jayan setiap tahun meningkat.
    B. Semakin lama semakin sedikit orang yang memiliki radio dan televisi.
    C. Tidak seimbang antara pemilik radio dan televisi didesa Umbul Jaya.
    D. Kenaikan jumlah radio lebih besar dibanding kenaikan jumlah televisi.
  15. (1) “Astaga Dewo” seru ibu heran. Mas Dewo masih tertawa. “Apa-apaan kamu ini?” Kenapa berdandan seperti ini ?” wulan pun melongo.
    (2) “Gimana” Oke kan penyamaran dan actingku? Tadi ibumu menyuruhku menjemputmu.
    Kamu kan sudah besar, Wul jadi aku cukup mengawasimu. Kupikir pasti asyik kalau aku menyamar, sekalian latihan acting!” Mas Dewo adalah kakak sepupu Wulan yang kuliah di Insititut Kesenian Jurusan Teater.
    (3) “Mas Dewo. Jahat! Lihat, nih!” Wulan menunjukan lututnya yang luka.
    (4) “Maaf, sebenarnya aku tadi akan menolongmu, tapi kamu malah lari.”
    Kalimat yang menunjukkan suasana kekesalan tokoh kutipan cerpen tersebut ditandai dengan nomor…
    A. (1)
    B. (2)
    C. (3)
    D. (4)
  16. Yoga : Kamu sudah dengar berita tentang Rury?
    Pohan : Belum, memang ada apa dengan Rury?
    Yoga : Kemarin dia jatuh dari pohon mangga, kakinya patah dan sekarang dirawat dirumah sakit.
    Danu : Ah biarkan. Biar dia tahu rasa karena mengambil mangga orang, ya?
    Watak tokoh yoga pada kutipan teks tersebut adalah ….
    A. Tidak peduli
    B. Masa bodoh
    C. Pencuriga
    D. Perhatian
  17. Kegiatan perkemahan berjalan dengan baik, dengan hasil sebagai berikut:
    Kegiatan diikuti oleh 1600 siswa dan guru. Selama kegiatan berlangsung, semua peserta sehat – sehat saja, hanya ada satu peserta yang pingsan saat api unggun akan dinyalakan.
    Setelah diperiksa dokter, ternyata siswa tersebut hanya ketakutan saja. Minggu pagi esok harinya, semua peserta bersiap – siap untuk pulang.
    Judul yang tepat untuk laporan tersebut adalah ….
    A. Laporan Api Unggun
    B. Laporan Perkemahan
    C. Laporan Anak Pingsan
    D. Laporan Persiapan pulang
  18. (1) Rendam cucian selama 30 menit
    (2) Pisahkan cucian yang mudah luntur warna!
    (3) Kucek kemudian bilas dengan air bersih!
    (4) Larutkan 30 gram deterjen kedalam 10 liter air!
    (5) Jemur pakaian hingga kering
    Urutan yang tepat cara mencuci pakaian tersebut adalah ….
    A. (1),(4),(2),(3),(5)
    B. (2),(4),(1),(3),(5)
    C. (4),(3),(1),(2),(5)
    D. (4),(3),(2),(1),(5)
  19. 1. Rumpun butuh dibuat pagar
    2. Janganlah ragu didalam hati
    3. Berangan besar di dalam padi
    4. Maklumlah saya baru belajar
    Larik pantun tersebut akan menjadi pantun yang baik bila disusun dengan urutan…
    A. 3 – 2 – 1 – 4 C. 3 – 4 – 2 – 1
    B. 3 – 1 – 2 – 4 D. 3 – 1 – 4 – 2
  20. Ardi : …(1)
    Arif : Ar, saya ingin ingin mengikuti kunjungan ke museum, tetapi orang
    tuaku tidak mempunyai biaya.
    Ardi : Kalu begitu kamu datang saja ke rumahku. Aku akan membantu
    menyampaikan masalahmu kepada orang tuaku. Mudah-mudahan beliau
    dapat membantu Arif : ….(2)
    Pernyataan yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah….
    A. (1) Boleh saya tahu (2) Terimakasih dan kamu anak yang baik.
    B. (1) Boleh saya tahu masalahmu (2) Terimakasih.
    C. (1) Boleh saja (2) Terimakasih.
    D. (1) Rif mengapa kamu termenung? (2) Terimakasih Ardi, Kau memang sahabatku yang paling baik.
  21. Humor (1) harus disampaikan dengan cara (2) yang baik. Jangan memakai kekurangan orang atau cacat (3) teman sebagai humor. Meskipun lucu jangan menyakiti hati teman yang dilucukan (4). Humor seperti itu bukanlah humor yang cerdas (5).
    A. 3 – 2 – 1 – 4 – 5 C. 3 – 2 – 5 – 4 – 1
    B. 3 – 1 – 2 – 4 – 5 D, 3 – 2 – 5 – 1 – 4
  22. Orang yang dapat dengan mudah tertulari penyakit virus HIV adalah remaja muda yang meninggalkan rumah pada usia 12 hingga 17 tahun dan kecanduan narkotika.
    Penggunaan kata yang menyebabkan kalimat tersebut tidak efektif adalah….
    A. dapat, dengan, penyakit, remaja
    B. dapat, penyakit, virus, muda
    C. dapat, dengan, penyakit, muda
    D. dapat, penyakit, virus, remaja
  23. Anggrek adalah bunga yang sangat mempesona, warnanya bermacam-macam dan bentuknya indah. Aromanya wangi, bunganya tahan lama, harganya pun tetap lebih mahal bunga-bunga lainnya. Oleh karena itu, tanaman anggrek perlu dibudidayakan.

Kata penghubung perbandingan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragraf tersebut adalah ……..
A. seperti
B. daripada
C. laksana
D. Bagai

…………….
hari, tanggal : Sabtu, 12 Juni 2004
waktu : pukul 19.00 s.d. 21.00
tempat : Balai RT 07agenda
rapat : Pembentukan Panitia HUT ke-59 RI
Atas kehadiran Saudara tepat waktu, kami ucapkan terima kasih.

  1. Kalimat yang sesuai untuk melengkapi bagian rumpang surat tersebut adalah ……..
    A. Mengharapkan kehadiran Saudara pada pertemuan yang akan diselenggarakan pada
    B. Rapat dilaksanakan pada hari Sabtu. Diharapkan semua hadir pada
    C. Tempat pelaksanaan rapat HUT ke-59 di balai RT 07 pada
    D. Rapat warga RT 07 bertempat di balai RT pada
  2. …….. memiliki fungsi mempermanis penampilan.
    Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ……..
    A. suvenir
    B. aksesori
    C. cenderamata
    D. filateli
  3. Sejumlah pengunjung merasa terkesan ketika melihat pameran lukisan.
    Kata khusus dari kata bercetak miring terdapat pada kalimat ……..
    A. Penonton memandang satu lukisan yang menarik.
    B. Pengunjung membeli sebuah lukisan abstrak.
    C. Pejabat meresmikan pameran lukisan.
    D. Semua stan pameran menyilakan pengunjung.
  4. Ia selalu optimis dalam menghadapi segala masalah dan kesulitan.

    Kata bercetak miring bersinonim dengan kata dalam kalimat ……..
    A. Saya ragu akan kemampuan tim basket kita.
    B. Mengambil keputusan dengan pasti perlu dibiasakan.
    C. Pekerjaan yang sulit dilaksanakan sebaiknya dihindari saja.
    D. Saya yakin mereka mampu mengatasi masalah.
    Gambar-gambar mobil tergantung …….. dinding kamar. Ada beberapa alat tulis terletak …….. atas meja. Barang-barang …….. kamar itu tampak tertata rapi. Begitulah kondisi
    kamar Amri.
    Kata depan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ……..

  5. A. pada, dalam, di
    B. pada, di, dalam
    C. di, pada, dalam
    D. pada, di, dalam
  6. HAMPA
    Sepi di luar
    Sepi menekan mendesak
    Lurus kaku pohonan
    Tak bergerak
    Sampai ke puncak
    Sepi memagut
    Segala menanti, menanti, menanti
    Sepi
    Tambah ini menanti jadi mencekik
    Memberat mencekung punda
    Sampai binasa segala
    Belum apa-apa
    Karya: Chairil Anwar
    Amanat yang tepat dalam puisi tersebut adalah ……..
    A. Hendaknya jangan membuat seseorang harus menunggu.
    B. Menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan.
    C. Menunggu adalah pekerjaan yang menyedihkan manusia.
    D. Hendaknya seseorang menghindari kebiasaan menunggu.
  7. Seminggu sekali, saya meminjam novel remaja di perpustakaan.
    Kalimat yang berpola sama dengan kalimat tersebut adalah ……..
    A. Tiap minggu, adik menari Janger Bali di sanggar bermodern.
    B. Dua hari yang lalu, dia menangis tersedu-sedu di rumah bibi.
    C. Kamis Minggu depan, saya akan mengail bersama-sama ke kolam pancing.
    D. Setiap hari Selasa, Anwar mengendarai motor ke kantor.
  8. Suratmu telah kuterima dari dua hari yang lalu.
    Aku senang kamu telah menyadari perbuatan burukmu.
    Semoga kamu tidak akan mengulanginya.
    Aku yakin kamu tulus mengakuinya.
    Isi surat tersebut merupakan bagian dari surat …..
    A. Pengajuan
    B. Harapan
    C. Permohonan
    D. Balasan
  9. Ketua OSIS menyusun acara pembukaan bazaar disekolah sebagai berikut:
    1. Sambutan kepala sekolah
    2. Pembukaan bazaar
    3. Sambutan panitia
    4. Penutup
    5. Doa
    Urutan acara yang tepat adalah ….
    A. (1), (2), (3), (4), (5)
    B. (2), (3), (1), (4), (5)
    C. (3), (1), (2), (5), (4)
    D. (5), (1), (3), (2), (4)
  10. Di Jakarta, pada tahun 1983 PT Karya Unipress telah menerbitkan sebuah buku yang berjudul Pengantar Novel Indonesia. Pengarangya Jakob Sumardjo. Penulisan daftar pustaka yang tepat sesuai dengan data tersebut adalah ….
    A. Jakob Sumardjo, Novel Indonesia Pengantar. Jakarta Karya Unipress, 1983.
    B. 1983, Karya Unipress. Pengantar Novel Indonesia. Jakob Sumardjo.
    C. Sumardjo, Jakob. 1983. Pengantar Novel Indonesia. Jakarta : Karya Unipress.
    D. Pengantar Novel Indonesia. 1983. Jakob Sumardjo. Jakarta : karya Unipress.
  11. Mengapa dari tadi engkau seperti tersiram minyak panas saja?
    Peribahasa yang maknanya sama dengan pernyataan tersebut adalah …
    A. Seperti cacing kepanasan
    B. Seperti ular dicubit ekor
    C. Seperti rusa masuk kampong
    D. Seperti si cebol merindukan bulan
  12. A : “Berapa harga buku dua jilid ini?”
    B : “Murah Pak, dengan diskon 30% Bapak cukup membayar Rp35.000,00.”
    A : “Jadi harganya dibawah Rp35.000,00?”
    Kalimat tidak langsung yang tepat dari sebagian percakapan tersebut adalah ….
    A. Penjual berkata memeang murah dan mendapat diskon.
    B. Pembeli menyimpulkan bahwa harga buku di bawah Rp 35.000,00.
    C. Pembeli berkata bahwa harga buku tersebut Rp 35.000,000.
    D. Penjual mengatakan bahwa harga buku diatas diskon 30%
  13. (1) Aku ingin menjadi petugas palang merah.
    (2). Aku akan membantu masyarakat yang tertimpa bencana.
    Kalimat hubungan pengandaian dari penggabungan kedua kalimat tersebut benar adalah ….
    A. Aku ingin menjadi petugas palang merah karena akan membantu masyarakat yang tertimpa bencana.
    B. Kalau aku menjadi petugas palang merah, akan kubantu masyarakat yang tertimpa bencana.
    C. Akan kubantu masyarakat yang tertimpa bencana seperti yang kita kalikan petugas palang merah.
    D. Aku akan membantu masyarakat yang tertimpa bencana setelah menjadi petugas palang merah.
  14. Sampai dirumah Pak Salim terus tidur, berpura-pura sakit. Ketika ditanya istrinya, ia tidak mau menjawab. Istrinya makin ketakutan. Dibuatkannya minuman dan disediakannya jagung rebus beberapa buah. Lepas siang hari Pak Salim berkata, “Besok, saya mau berjualan buah-buahan dan sayuran seperti biasa, tidak mau bekerja lain. Tuhan tidak adil mengapa orang lain senang dan bahagia, saya tidak.”
    “Jangan begitu, Pak! Siapa menyuruh engkau bekerja lain. Jangan menyalahkan Tuhan. Itu salahmu sendiri,” jawab istrinya.
    Pesan moral yang terdapat pada cuplikan cerpen tersebut adalah ….
    A. Kita tidak boleh menyalahkan Tuhan.
    B. Jangan menyalahkan orang lain apalagi suaminya sendiri.
    C. Kita tidak boleh bohong dengan cara berpura-pura sakit.
    D. Jangan mudah menghadapi cobaan.
  15. Jalan Tak Ada Ujung
    Pada suatu malam di London tidak lama antaranya setelah perang dunia berakhir, saya mendapat pelajaran yang sangat berharga. Pada waktu itu saya menjadi pemimpin Sir Ross Smith . selama peperangan Sir Ross adalah raja udara Australia di palestina. Belum lama selang setelah perjanjian damai diikat, Sir Ross membangkitkan keheranan dunia, karena membuat penerbangan keliling dunia dalam tempo 30 hari. Pemerintah Australia memberikan hadiah sepuluh ribu poundsterling. Raja inggris mengangkat derajat keturunannya. Latar belakang paling banyak muncul adalah ….
    A. Latar waktu
    B. Latar tempat
    C. Latar sosial
    D. Latar peristiwa
  16. (1) Bangsa Indonesia hari ini memperingati Hari Sumpah Pemuda ke -79. (2)Sumpah pemuda intinya pengakuan bahwa para pemuda merupakan satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia, (3) Sebagian orang menatakan makna Sumpah Pemuda sekarang ini sudah luntur. (4) Namun, apapun pendapatnya yang pasti Sumpah Pemuda yang diikrarkan 28 Oktober 1928 telah menjadi tonggak sejarah. Kalimat opini yang terdapat dalam paragraf ditandai nomor …..
    A. (1) C.(3)
    B. (2) D.(4)
  17. Jon dan Con anak kembar. Jon kepala regu, aku wakilnya dan Con brenschutter. Kami bersepuluh sedang memandang daerah patroli “Tiger Brigade” dengan seksama dari puncak bukit “panic”, pos kami terdepan yang kami namai begitu karena rupanya dari jauh seperti panic terbalik. Con berjongkok di samping kakaknya yang sedang meneropong semak-semak dari kampung-kampung di bawah kami dengan teliti. Mereka sama tinggi, hamper sama raut mukanya dan sama muda : 17 tahun.
    Jon melambai dan aku mendekat.
    “Aku turun ke kampong di bawah itu.”
    “Kenapa ndak semua?”
    “Kalian jalannya berat seperti gajah dan mulut kalian cerewet seperti bebek. Nggak, semua tinggal di sini, kamu ambil pimpinan.
    ….
    Latar belakang cerpen di atas adalah …
    A. daerah patroli
    B. puncak bukit
    C. kampung
    D. semak-semak belukar
  18. Pada hari Senin 21 Januari 2008 kamu ditunjuk menjadi petugas pengibar bendera. Kamu dapat melaksanakannya dengan baik dan mendapat pujian dari teman-temanmu.
    Catatan buku harian yang paling sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
    A. Senin, 21 Januari. Hari ini aku senang sekali. Pagi tadi aku ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara sebagai pengibar bendera. Aku dapat melaksanakannya dengan baik.
    Guru-guru juga memuji kemampuanku.
    B. Senin, 21 Januari 2008. Hari ini aku senang sekali. Pagi tadi aku ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara, yaitu sebagai pengibar bendera. Aku dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-temanku juga memuji kemampuanku.
    C. Aku senang sekali. Aku ditunjuk menjadi salah satu petugas. Aku dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-temanku juga memuji kemampuanku.
    D. Alangkah senangnya hari senin ini. Kita ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara, yaitu sebagai pengibar bendera. Kita dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-temanku juga memuji kepemimpinanku.
  19. SMPN 2 Cicurug akan mengadakan studi wisata pada hari Kamis, 6 Maret 2008. Sebelum berangkat peserta mengundang ketua Komite SMPN 2 Cicurug untuk mengikuti kegiatan tersebut.
    Isi undangan yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah …
    A. Dengan hormat, kami beritahukan bahwa kami akan mengadakan kegiatan studi wisata yang akan kami selenggarakan pada,
    hari, tanggal : Kamis, 6 Maret 2008
    waktu berangkat : pukul 07.00
    tempat berkumpul : SMPN 2 Cicurug
    B. Dengan hormat, kami mengundang, Bapak/Ibu untuk mengikuti studi wisata yang akan kami selenggarakan pada,
    hari, tanggal : Kamis, 6 Maret 2008
    waktu berangkat : pukul 07.00
    tempat berkumpul : SMPN 2 Cicurug
    C. Dengan hormat, kami mengajukan permohonan izin untuk mengadakan kegiatan studi wisata yang akan kami selenggarakan pada,
    hari, tanggal : Kamis, 6 Maret 2008
    waktu berangkat : pukul 07.00
    tempat berkumpul : SMPN 2 Cicurug
    D. Dengan hormat, Kami mengundang Bapak/Ibu untuk mengikuti rapat persiapan kegiatan studi wisata yang akan kami selenggarakan pada,
    hari, tanggal : Kamis, 6 Maret 2008
    waktu berangkat : pukul 07.00
    tempat berkumpul : SMPN 2 Cicurug
  20. Jalan-jalan ke Surabaya
    Banyak tempat memikat hati
    Tak usah sedih adik berdua
    ……
    Larik yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah ….
    A. Lebih baik bercanda tawa
    B. Lebih baik bergembira ria
    C. Lebih baik makan hati
    D. Lebih baik bergirang hati
  21. Hari pun rapuh
    Bagai benang laba-laba
    Cahaya memucat
    Bulan April gemetar
    Dalam angina dan sayup-sayupnya
    Lembut bagai bulu
    …….
    Dalam kedamaian yang hening
    Kalimat bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi rumpang tersebut adalah ….
    A. aku bernyanyi
    B. sungai berair
    C. dia berdendang
    D. sungai bernyanyi
  22. . …..
    Beberapa hal yang biasa kita lakukan terhadap teman-teman kita di Aceh dan Nias menghibur mereka dan membantu belajarnya. Sebagai wujud hiburan marilah kita berkirim surat kepada teman-teman kita di Aceh dan Nias. Selanjutnya, kita perlu juga membantu belajar mereka.
    Ayo, kita kumpulkan buku-buku pelajaran yang masih layak pakai untuk kita kirim ke sana.
    Momen ini sangat cocok untuk hal yang terakhir. Teman-teman kita tidak boleh ketinggalan dalam belajar meski suasananya berbeda dengan kita di sini. Bagaimana teman-teman?
    Paragraf pembuka pidato yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah …
    A. Terima kasih saya sampaikan kepada teman-teman yang telah hadir di tempat ini. Semoga perjalanan teman-teman ke sini mendapat rahmat Tuhan Yang Maha Pemurah, sehingga tujuan pertemuan kita tentang upaya meringankan beban teman-teman kita akibat gempa bumi dan gelombang tsunami pada 26 Desember yang lalu berlangsung lancar.
    B. Saya sangat gembira terhadap upaya teman-teman dalam menggalang persepsi terhadap pertemuan ini. Ternyata di antar kita memiliki kesepahaman niat. Oleh karena itu, segera kita lakukan setelah pertemuan kita hari ini. Berikutnya kita tetap berkomunikasi sampai bertemu pada tiga hari mendatang. Terima kasih.
    C. Ungkapan terima kasih ini patut saya lahirkan kepada seluruh rakyat dan bangsa Indonesia yang telah berpartisipasi dalam acara penggalangan dana. Dana ini segera akan kami salurkan kepada yang berhak, melalui jalur yang sudah kami bentuk secara transparan dan professional. Sekali lagi saya sampaikan terima kasih.
    D. Sepatutnya kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita senantiasa diberi kemudahan dalam belajar. Kita telah berhasil menyelesaikan karya tulis sederhana tentang gempa. Kita juga mampu menulis surat tentang tsunami. Apalagi sebentar lagi kita akan lulus SMP. Jadi, banyaklah bersyukur.
  23. Nanang membutuhkan uang untuk membayar kuliah. Ia bermaksud ingin menjual sepeda motor yang biasa ia pakai. Motor Mio buatan tahun 2006 berwarna kuning itu akan dipasarkan melalui iklan baris. Pembeli dapat menghubungi HP 08135566550
    Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….
    A. Mio 2006 Jl Cpt BU Kds mls wn kuning Hub. Nanang HP 08135566550
    B. Mio 2006 Jl Cpt Bu Kds mls Wn kuning. Hubungi Nanang tanpa perantara
    C. Motor Mio 2006 Jl Cpt BU Kds mls Wn kuning rasing Hub Nanang
    D. Ingin membeli sepeda motor Mio 2006? Hubungi Nanang HP 08135566550
    Riri masih saja merujuk pada Maminya yang lagi sibuk di dapur memasak untuk pesanan catering. Riri minta dibelikan walkman seperti Adoy, kakaknya. alasannya, Adoy tidak mau meminjamkan walkmannya. Terus, alasan lainnya adalah biar Riri lebih konsentrasi dalam belajar.
    Lho…. Aoa hubungannya walkman dengan konsentrasi dalam belajar? O…. maksudnya Riri, dia lebih bisa konsentrasi dalam belajar bila sambil mendengarkan musik, itulah yang menjadi mami,apakah Riri termasuk dalam beberapa orang itu. Tapi Riri tetap meyakinkan mami, bila dia belajar sambil mendengarkan walkman.
    “Ya, Mami…. Beliin walkaman, ya…”rajuk Riri
    “Kenapa kamu gak pinjem saja kepunyaan kakakmu?” kata mami santai sambil memasukkan makanan ke tempat makanan.
    “Ya Mami kayak gak tau Adoy aja ….. dia kan pelit banget walaupun sama Riri, Adiknya sendiri,” gumam Riri.
    “Wajar aja gue pelit ama lo, abis setiap barang yang lo pinjam selalu jadi hak milik, sih” kata Adoy yang entah kapan sudah berada di dapur sambil memeriksa isi kulkas, siapa tahu ada kue atau buah dalam kulkas yang bisa dinikmati.
    “Udahlah, Doy, Pinjemin adiknya,”pinta Mami
    “Enggak,” kata Adoy sambil pergi, meninggalkan dapur dan membawa seepotong kue tart.
    “Tuh kan, Mi, Adoy pelit,” Rajuk Riri.
    “Ya udah kalau gitu, kamu pake tape recorder Mami aja tuh.”
    “Ya Mami… itukan gede banget nggak bisa di bawa-bawa,” gerutu Riri. Setelah itu pun Riri diam. Dia berpikir, sepertinya percuma, Mami nggak akan ngebeliin Walkman buatnya, Riri pun
    pergi meninggalkan dapur Mami.
  24. Konflik utama dalam kutipan tersebut adalah ….
    A. Riri ingin walkman, tapi ibu tidak membelikan.
    B. Adoy seorang kakak, tetapi pelit.
    C. Riri minta walkman, tapi diberi tape recorder.
    D. Riri ngotot minta walkman, tapi akhirnya dia diam.

jual-buku-stan-2014

Untuk membeli buku ini kamu bisa langsung buka web www.bukustan.com

atau klik Gambar dibawah ini

bukustanOK
Tags »

Write your comment about PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012


Related post to PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012

Soal UN SMP

Soal UN SMP

PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012 Cermati tabel berikut ! Tabel Hasil Angket Masyarakat terhadap Perpustakaan Keliling Tahun Hasil Angket dalam Persen Baik Buruk Tidak Tahu Juli 2005... more detail
Soal UN SMP BHS Indonesia

Soal UN SMP BHS Indonesia

PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012 Cermati tabel berikut ! Tabel Hasil Angket Masyarakat terhadap Perpustakaan Keliling Tahun Hasil Angket dalam Persen Baik Buruk Tidak Tahu Juli 2005... more detail
Soal UN SMP Matematika SMP Tahun 2005

Soal UN SMP Matematika SMP Tahun 2005

PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012 Cermati tabel berikut ! Tabel Hasil Angket Masyarakat terhadap Perpustakaan Keliling Tahun Hasil Angket dalam Persen Baik Buruk Tidak Tahu Juli 2005... more detail
SIMULASI PAKET 2 SOAL SOAL UN IPA SMP 2011

SIMULASI PAKET 2 SOAL SOAL UN IPA SMP 2011

PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012 Cermati tabel berikut ! Tabel Hasil Angket Masyarakat terhadap Perpustakaan Keliling Tahun Hasil Angket dalam Persen Baik Buruk Tidak Tahu Juli 2005... more detail
SIMULASI PAKET 1SOAL SOAL UN IPA SMP 2011

SIMULASI PAKET 1SOAL SOAL UN IPA SMP 2011

PREDIKSI (SIMULASI) UN SMP BAHASA INDONESIA 2012 Cermati tabel berikut ! Tabel Hasil Angket Masyarakat terhadap Perpustakaan Keliling Tahun Hasil Angket dalam Persen Baik Buruk Tidak Tahu Juli 2005... more detail