Home » Bahasa Indonesia » SOAL BAHASA INDONESIA TERBARU TAHUN 2013

SOAL BAHASA INDONESIA TERBARU TAHUN 2013

Posted at November 8th, 2013
Product Description : SOAL BAHASA INDONESIA TERBARU TAHUN 2013

1.    Perhatikan cerita berikut.
Ali pusing. Ia merebahkan badan untuk membiarkan masalah yang ia pikirkan mengendap. Bukankah semua orang pernah jatuh cinta. Bukankah cinta bukan hal yang salah, dosa, jelek. Apalagi bagi remaja seumur dia. Kata orang, masa remaja adalah masa bercinta. Tapi…hati Ali berontak tidak setuju dengan kebanyakan yang dilakukan remaja. Mereka mewujudkan rasa cinta yang bergelora di dada mereka dengan aktivitas yang bernama pacaran. Dengan dasar logika  aja, Ali bisa membuat daftar panjang kesalahan aktivitas berpacaran. Apa lagi jika dilihat dengan kacamata iman. Orang yang berpacaran telah melakukan suatu dosa yang sangat mengerikan dan hina, yakni zina.
Amanat kutipan cerpen di atas adalah ….
a.    Semua orang pernah jatuh cinta.
b.    Masa remaja masa penuh cinta.
c.    Berpacaran mengandung dosa zina.
d.    Akibat berpacaran sangat mengerikan.

2.    Perhatikan kutipan cerpen berikut.
“Apa-apaan sih, elo? Posternya kan jadi sobek!!!”
“Sorry, Rin! Gue bener-bener nggak sengaja!”
Rinta sama sekali nggak ngegubris pembelaan Anya. Ia masih memandangi poster Blur kesayangannya yang kini sudah terbagi dua karena robek. “Rin, sorry,ya. Gue . . . .”
“Aah! Udah, deh! Pulang, sana!” potong Rinta kesal, matanya sudah sembap, hampir nangis. Anya nggak mau memperburuk keadaan. Ia pun langsung keluar dari kamar Rinta dan bergegas pulang.

Konflik dalam kutipan cerita di atas adalah ….
a.     Poster Rina yang disobeknya sendiri
b.    Anya tidak sengaja merobek poster kesayangan Rina, lalu Rina marah.
c.    Anya tidak sengaja merobek poster kesayangan Rina, lalu Anya marah.
d.    Rina marah karena posternya sobek.

Perhatikan naskah drama berikut.
Sore itu, seorang ibu menggendong anaknya yang usianya baru sembilan bulan ke tempat praktik Dokter Wira.
Dokter    : Putra Ibu sakit apa?
Ibu Ana    : Tidak sakit, Dok. Hanya perlu imunisasi.
Dokter    : O, imunisasi apa, Bu?
Ibu Ana    : Campak, Dok, karena anak saya sudah 9 bulan.
Dokter    : Wah, Ibu termasuk ibu yang baik. Selalu memperhatikan kebutuhan
putranya.
Ibu Ana    : Ah, Dokter bisa saja!
Dokter    : Ya, karena kadang-kadang seorang ibu lupa akan perlunya imunisasi lengkap
bagi anaknya. Padahal imunisasi itu penting.
Latar kutipan drama tersebut adalah ….

a.    Posyandu.
b.    Puskesmas.
c.    Rumah sakit.
d.    Ruang praktek dokter.

3.    Perhatikan naskah drama berikut.
Yadhi    :    Kurasa tidak ada gunanya kita protes. Kita sudah kalah. Bagi kita, Kepala
Sekolah kita bukan guru lagi, bukan pendidik. Ia berlagak penguasa.
Ardhy    :    Itu tafsiranmu, Ren. Menurut dia tindakannya itu mendidik.
Ucup    :    Mendidik, tapi mendidik pemberontak. Bukan mendidik anaknya sendiri.
Gila.
Kusni    :    Masak begitu?
Ucup    :    Kalau mendidik anaknya sendiri bukan begitu caranya.
Kusni    :    Tentu saja tidak. Ia bertindak dengan caranya sendiri.
Ucup    :    Sudahlah! kalau menurut aku sebaiknya kita protes diam. Kita mogok, nanti,
kalau sekolah kita tutup tahun, kita semua diam.
Suasana apakah yang tergambar dalam kutipan drama tersebut ….

a.    Tegang.
b.    Bimbang.
c.    Galau.
d.    Humor.

4.    Perhatikan ilustrasi berikut.
Senin 31 Desember 2001 di alun-alun kota, pukul 22.00 bersama ayah, ibu dan adik-adikku, aku menyaksikan anak-anak seusiaku berboncengan sepeda motor berkeliling kota merayakan kegembiraan di tahun baru. Aku tak tertarik dengan hal-hal seperti itu.
Kalimat yang tepat ditulis dalam buku harian adalah ….
a.    Senin, 31 Desember 2001 di alun-alun aku, ayah, ibu dan adik-adikku menyaksikan anak seusiaku berboncengan sepeda motor berkeliling kota. Ah, aku tak tertarik.
b.    Senin pukul 22.00 aku, ayah, ibu dan adik-adikku di alun-alun, menyaksikan anak-anak berboncengan sepeda motor. Biarlah bersenang-senang.
c.    Senin, 31 Desember 2001 di alun-alun kota aku berkeliling naik sepeda mootor. Alangkah senangnya kami.
d.    Pada hari Senin, 31 Desember aku dan keluarga berada di alun-alun kota mengelilingi alun-alun sepanjang malam. Ah, bahagianya.

5.    Perhatikan ilustrasi berikut.
Edi adalah seorang direktur, Ia membutuhkan semua dokumen yang ada di mejanya yang telah ditik dengan rapi pagi hari. Dia menulis memo yang ditunjukkan kepada Wiwi, sekretarisnya.
Isi memo yang tepat dan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….
a.    Wiwi, tolong tik dokumen yang ada di meja saya pagi hari. Saya membutuhkannya segera. Terima kasih.
b.    Wiwi, tolong ditik dokumen yang ada di meja dan bawa ke saya. Sya membutuhkannya segera. Oke.
c.    Wiwi, saya membutuhkan dokumen. tolong ditik dengan rapi. Terima kasih.
d.    Tolong rapikan dokumen yang ada di mejaku. Saya membutuhkannya. Terima kasih.

Perhatikan kalimat laporan kegiatan berikut untuk menjawab soal nomor 26 dan 27.
1.    Dengan melibatkan banyak orang tersebut kegiatan dapat terlaksana dengan meriah.
2.    Berdasar hal tersebut, OSIS SMP Tanjung Emas mengadakan lomba lari jarak jauh atau maraton.
3.    Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI, pemerintah daerah mengharapkan adanya kegiatan yang positif.
4.    Kegiatan itu dapat diikuti oleh banyak orang.
6.    Susunan kalimat laporan yang sisitematis menjadi bagian pendahuluan (latar belakang) adalah ….

a.    1-2-3-4
b.    2-3-4-1
c.    4-3-2-1
d.    3-2-4-1
7.    Jika kalimat laporan di atas sudah tersusun dengan baik maka isi laporan tersebut adalah ….
a.    Kegiatan kerja bakti seluruh SMP.
b.    Kegiatan tirakatan yang akan dihadiri seluruh anggota RW.
c.    Lomba lari cepat seluruh SMP.
d.    Lomba lari maraton dalam memeringati HUT RI.

8.    Perhatikan data buku berikut.
Judul    : Menggali Ilmu Sampai Ke Dasar.
Karya    : M Abdul Razaz.
Kelebihan    : Buku mudah dipahami, isi sangat menarik.
Kekurangan    : Tidak ada gambar pendukung.
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….
a.    Buku yang berjudul Menggali Ilmu Sampai Ke Dasar ini sangat sulit dipahami oleh pembaca karena banyak kata-kata yang sulit diartikan karena berbahasa melayu, tetapi buku ini sangat bagus dalam cover karena cover buku ini sangat menarik.
b.    Buku yang berjudul Menggali Ilmu Sampai Ke Dasar ini sangat mudah dipahami oleh pembaca karena banyak kata-kata yang puitis yang mudah dipahami, meskipun begitu isi buku ini sangat membosankan.
c.    Buku yang berjudul Menggali Ilmu Sampai Ke Dasar ini sangat sulit dipahami karena buku ini berbahasa Melayu kuno, meskipun begitu buku ini hanya bagus di cover.
d.    Buku yang berjudul Menggali Ilmu Sampai Ke Dasar ini mudah dipahami oleh pembaca karena isinya sangat menarik untuk dibaca wlaupun kurang gambar-gambar pendukung.
9.    Perhatikan surat berikut.
Buat Nanda
di rumah

Salam kangen,
….
Aku ingin pergi membeli sepatu di Cibaduyut Bandung, tetapi aku tidak tahu daerah sana. Tolong nanti temani aku ya! Aku yakin kamu tidak keberatan.
Kurasa suratku ini dulu, kalau kamu bersedia menemaniku, aku segera kerumahmu. Terima kasih. Maaf kalau ada salah.
Sahabatmu
Andre
Bagian pembuka surat tersebut yang tepat adalah ….
a.    Nanda, minggu depan aku akan main ke rumahmu karena mau minta tolong.
b.    Bagaimana kabarmu Nanda? Semoga kita selalu mendapat lindungan dari Allah SWT.
c.    Keadaanku saat ini baik-baik saja. Oleh karena itu, minggu depan aku mau ke rumahmu.
d.    Semoga keadaanmu saat ini baik-baik saja Budi agar minggu depan aku bisa minta tolong kamu.
10.    Perhatikan surat berikut.
Jalan Pemuda 34
Sawangan

Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional panitia peringatan Hardiknas akan mengadakan “Bakti Sosial Pendidikan”. Sehubungan dengan hal tersebut kami memohon kehadiran Bapak pada
hari    : Kamis, 25 April 2013
waktu    : pukul 14.00 sampai selesai
tempat    : Aula SMP Kencana Pramudya.
[ . . . . ]
Penutup surat yang paling tepat untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah ….
a.    Atas kebijaksanaannya menghadiri acara tersebut, terima kasih kami ucapkan.
b.    Atas perhatian dan kebijaksanaannya, panitia mengucapkan banyak terima kasih.
c.    Atas kesediaan menghadiri acara tersebut, tak lupa diucapkan terima kasih.
d.    Atas kehadiran Bapak, kami mengucapkan terima kasih.

jual-buku-stan-2014

Untuk membeli buku ini kamu bisa langsung buka web www.bukustan.com

atau klik Gambar dibawah ini

bukustanOK
Tags »

Write your comment about SOAL BAHASA INDONESIA TERBARU TAHUN 2013


Related post to SOAL BAHASA INDONESIA TERBARU TAHUN 2013

Soal Latihan

Soal Latihan

1.    Perhatikan cerita berikut. Ali pusing. Ia merebahkan badan untuk membiarkan masalah yang ia pikirkan mengendap. Bukankah semua orang pernah jatuh cinta. Bukankah cinta bukan hal yang salah, dosa,... more detail
SOAL UAS SMA IT MUTIARA DURI

SOAL UAS SMA IT MUTIARA DURI

1.    Perhatikan cerita berikut. Ali pusing. Ia merebahkan badan untuk membiarkan masalah yang ia pikirkan mengendap. Bukankah semua orang pernah jatuh cinta. Bukankah cinta bukan hal yang salah, dosa,... more detail
KISI – KISI UJIAN SEMESTER 2 GRADE X

KISI – KISI UJIAN SEMESTER 2 GRADE X

1.    Perhatikan cerita berikut. Ali pusing. Ia merebahkan badan untuk membiarkan masalah yang ia pikirkan mengendap. Bukankah semua orang pernah jatuh cinta. Bukankah cinta bukan hal yang salah, dosa,... more detail
Soal Ulangan Harian Bahasa dan Sastra Indonesia SD Tiara School Kelas 4

Soal Ulangan Harian Bahasa dan Sastra Indonesia SD Tiara School Kelas 4

1.    Perhatikan cerita berikut. Ali pusing. Ia merebahkan badan untuk membiarkan masalah yang ia pikirkan mengendap. Bukankah semua orang pernah jatuh cinta. Bukankah cinta bukan hal yang salah, dosa,... more detail
SOAL EVALUASI SEMESTER I BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2008-2009

SOAL EVALUASI SEMESTER I BAHASA DAN SASTRA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2008-2009

1.    Perhatikan cerita berikut. Ali pusing. Ia merebahkan badan untuk membiarkan masalah yang ia pikirkan mengendap. Bukankah semua orang pernah jatuh cinta. Bukankah cinta bukan hal yang salah, dosa,... more detail